::: Simak berbagai info menarik melalui twitter dan facebook Ltn Pcnu Klaten Info pemasangan iklan, hubungi email ltnklaten@gmail.com :::

Website Resmi PCNU Kab. Klaten

Seputar Puasa 6 Hari Bulan Syawal


oleh: KH. Ma'ruf Khozin
Direktur Aswaja Center Jawa Timur

Syawal tahun ini terasa beda dari Syawal sebelumnya. Ada sebagian rumah di Surabaya yang tertulis di depan pagar rumah: "Selamat Idul Fitri, mohon maaf lahir batin. Maaf tidak menerima tamu". Ada lagi di status WA: "Untuk mengurangi penularan virus Corona maka pemberian uang unjung-unjung ditiadakan", dan sebagainya. 

Dari pada sekedar di rumah online terus lebih baik dilanjutkan puasa Sunah 6 hari bulan Syawal. Sebulan saja mampu, in syaa Allah 6 hari juga mampu.

Dari Abu Ayyub Al Ansori bahwa Rasulullah shalallahu alaihi wasallam bersabda: "Barang siapa bulan Ramadhan kemudian melanjutkan 6 hari puasa bulan Syawal maka seperti (pahala) puasa 1 tahun" (HR Muslim)

1. Maksud Seperti Puasa 1 Tahun

Ulama menjelaskan bahwa puasa tersebut seperti puasa 1 tahun sebab 1 kebaikan dilipatgandakan 10 kebaikan. Maka Ramadhan seperti 10 bulan dan 6 hari seperti 2 bulan" (Syarah Muslim 8/58)

Penjelasan ini menurut Imam Nawawi berdasarkan hadis:
Dari Tsauban bahwa Rasulullah shalallahu alaihi wasallam bersabda: "Puasa Ramadhan seperti 10 bulan. Dan puasa 6 hari bulan Syawal seperti 2 bulan. Itulah puasa 1 tahun" (HR Nasa'i)

2. Boleh Berurutan Atau Dipisah

Ulama Syafi'iyah berkata: "Yang utama adalah berpuasa 6 hari bulan Syawal secara terus menerus setelah Idul Fitri. Jika 6 hari tersebut dipisah-pisah atau diakhirkan dari hari awal-awal bulan Syawal maka tetap memperoleh pahala tersebut karena masih kategori meneruskan 6 hari bulan Syawal" (Syarah Muslim 8/58)

3. Qadha' Puasa Ramadhan bersama Puasa 6 Hari Bulan Syawal

Ar-Ramli ditanya tentang seseorang yang punya tanggungan puasa Ramadhan dan diqadla' (ditunaikan) di bulan Syawal apakah dia mendapatkan pahala qadha' dan pahala 6 hari bulan Syawal, apakah ada dalilnya?

Ar-Ramli menjawab: "Dia mendapatkan pahala qadha' Ramadhan bersama puasa 6 Syawal, meskipun niat dengan lainnya. Dia juga tetap mendapatkan pahala 6 hari bulan Syawal. Masalah ini telah disampaikan oleh para ulama generasi akhir" (Fatawa Ar-Ramli 2/66)
0 Komentar untuk "Seputar Puasa 6 Hari Bulan Syawal"

Back To Top