::: Simak berbagai info menarik melalui twitter dan facebook Ltn Pcnu Klaten Info pemasangan iklan, hubungi email ltnklaten@gmail.com :::

Website Resmi PCNU Kab. Klaten

Veve Zulfikar Ziarah Makam Leluhurnya di Kompleks Makam Sunan Pandanaran Bayat



NU Klaten - Syarifah Veryal Eisha Aqila Zulfikar Basyaiban atau akrab dipanggil Veve Zulfikar bersama keluarga sowan makam leluhurnya di Kompleks Makam Sunan Pandanaran, Bayat, Klaten, Jawa Tengah. Pada hari Sabtu, 7 Desember 2019 dengan dikawal Pagar Nusa Kabupaten Klaten. Makam yang beliau kunjungi merupakan makam Sayyid Abdurrahman Basyaiban II yang dalam Catatan Bani Basyaiban Kota Magelang bergelar Sultan Syarif Cirebon. Namun dalam catatan Keluarga yang berbesanan dengan beliau yaitu Bani Semendi Bayat, Klaten hanya ditulis Sultan Cirebon saja.



Sayyid Abdurrahman Basyaiban II menikah dengan Ratu Ayu Winaon bergelar pula Syarifah Khadijah Binti Panembahan Girilaya/Sultan Cirebon V. Panembahan Girilaya ditawan di Mataram selama lebih 18 tahun dan meninggal dunia disana serta dimakamkan di Makam Girilaya, sebelah utara kompleks Pasarean Para Nata Imogiri, Jogja.



Sementara menantu beliau, Sayyid Abdurrahman Basyaiban II diperbantukan dalam Perang Besar Kajoran Melawan Mataram dari tahun 1676-1679. Hingga Meninggal di Bayat, Klaten yang merupakan Kawah Candradimuka 140.000-200.000 Prajurit Perang Kajoran atau juga disebut Perang Trunojoyo kala itu dan dimakamkan di Bayat. Makam Sayyid Abdurrahman Basyaiban II bersebelahan persis dengan keluarga besar Raden Semendi I yang merupakan besan beliau langsung di Kompleks Makam Sunan Pandanaran, Bayat, Klaten. Sementara Raden Semendi II/Mbah Soleh Semendi dimakamkan di Winong, Pasuruhan, Jawa Timur. (Wahyu/Min)
Tag : Sejarah
0 Komentar untuk "Veve Zulfikar Ziarah Makam Leluhurnya di Kompleks Makam Sunan Pandanaran Bayat"

Back To Top