::: Simak berbagai info menarik melalui twitter dan facebook Ltn Pcnu Klaten Info pemasangan iklan, hubungi email ltnklaten@gmail.com :::

Website Resmi PCNU Kab. Klaten

Membangun Karakter Bangsa Lewat Pramuka


oleh: Minardi

NU Klaten - Pramuka adalah kependekan dari Praja Muda Karana, yang memiliki arti rakyat muda yang suka berkarya. Kata ini diambil dari bahasa Sansekerta. Pramuka adalah sebutan bagi anggota Gerakan Pramuka yang berusia antara 7-25 tahun dan berkedudukan sebagai peserta didik, yaitu Siaga, Penggalang, Penegak dan Pandega. Pendidikan Pramuka dilaksanakan di setiap lini, biasanya di tingkat strata pendidikan mulai dari SD/Sederajat, SMP/Sederajat, SMA/Sederajat dan Perguruan Tinggi. Pendidikan kepramukaan adalah proses pendidikan diluar sekolah dan keluarga yang diselenggarakan dalam kegiatan yang menarik, menyenangkan, sehat, teratur, terarah, dan
praktis, dengan menerapkan Prinsip Dasar Kepramukaan dan Metode Pendidikan Kepramukaan, yang sasaran akhirnya adalah terbentuknya kepribadian watak, akhlak mulia, dan memiliki kecakapan hidup.

Gerakan pramuka merupakan gerakan yang menjunjung tinggi nilainilai kemanusiaan, seperti gotong-royong, tolong menolong, kepatuhan dalam melaksanakan perintah serta rasa tanggung jawab terhadap sesama manusia dan alam sekitarnya. Gerakan pramuka mempunyai peranan penting dalam bidang pendidikan generasi muda. Pramuka adalah pendidikan luar sekolah yang didalamnya kaya akan nilai-nilai pendidikan. Hal ini tercantum dalam Tri Satya Pramuka dan Dasa Dharma Pramuka yang berbunyi:

Tri Satya

Demi kehormatanku aku berjanji akan bersungguh-sungguh :
1. Menjalankan kewajibanku terhadap Tuhan dan Negara Kesatuaan Republik Indonesia.
2. Menolong sesama hidup dan mempersiapkan diri membangun masyarakat.
3. Menepati Dasa Dharma.

Dasa Dharma Pramuka:

1. Taqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa
2. Cinta alam dan kasih sesama manusia
3. Patriot yang sopan dan kesatria
4. Patuh dan suka bermusyawarah
5. Rela menolong dan tabah
6. Rajin, trampil, dan gembira
7. Hemat, cermat dan bersahaja
8. Disiplin, berani dan setia
9. Bertanggung jawab dan dapat dipercaya
10. Suci dalam pikiran, perkataan dan perbuatan


Hari ini tanggal 14 Agustus bertepatan dengan Hari Pramuka. Agenda rutin yang biasa dilakukan dalam menyambut Hari Pramuka adalah upacara dan kemah. Pengimplementasiannya masih belum dilaksanakan secara optimal. Padahal di dalam Pramuka terdapat nilai-nilai pendidikan dan pembentukan karakter Anak Bangsa. 

Di tengah arus perubahan zaman yang bernama globalisasi, banyak negara yang risau dengan Ketahanan Nasionalnya masing-masing. Khususnya adanya arus Revolusi Industri 4.0 dan menuju Revolusi Industri 5.0 terasa semakin sulit sulit bagi negara untuk mengontrol kebebasan warganya. Jika negara terlalu membatasi kebebasan warganya bisa dianggap Melanggar HAM. Maka strategi yang bisa dipakai oleh negara dengan membangun karakter Bangsa mulai sejak dini. Pramuka hadir sejak dini, dimulai dari SD/Sederajat dan tingkatan-tingkatan selanjutnya. 

(Minardi: Dewan Ambalan Pramuka Kyai dan Nyai Sunan Pandanaran, Pangkalan SMA N I Bayat Tingkat Bantara Penegak; Ketua LTN-PCNU Klaten)
Tag : LTN-NU, Pramuka
0 Komentar untuk "Membangun Karakter Bangsa Lewat Pramuka"

Back To Top