::: Simak berbagai info menarik melalui twitter dan facebook Ltn Pcnu Klaten Info pemasangan iklan, hubungi email ltnklaten@gmail.com :::

Website Resmi PCNU Kab. Klaten

Ronggowarsito, Pujangga sekaligus Ulama yang Jarang Dikenal



NU Klaten - R. Ng. Ronggowarsito merupakan Pujangga Besar dan Terakhir yang dimiliki oleh Jawa, dan beliau dimakamkan di Desa Palar, Trucuk, Klaten. Namun sayangnya tidak banyak yang mengetahui. Karena di Klaten sendiri jarang membahas karya-karya beliau dan jarang ziarahi. Padahal banyak karya besar beliau yang itu masih sangat relevan untuk zaman saat ini. Inilah yang disampaikan oleh KH. Syamsyudin Asyrofi, saat Haul Agung Raden Ngabehi Ronggowarsito ke 146, pada Selasa, 16 Juli 2019, pukul 19.30 WIB di Bangsal Makam R. Ng. Ronggowarsito di Desa Palar, Trucuk, Klaten.

"Sudah ada ratusan buku maupun makalah yang telah memuat tentang R. Ng. Ronggowarsito, dan banyak juga dokumen yang ada di Amerika juga Belanda. Jadi sangat ironis, jika masyarakat Indonesia khususnya Klaten tidak mengetahui tentang siapa sebenarnya Ronggowarsito itu." tutur KH. Syamsyudin Asyrofi



Padahal pada masa penjajahan Belanda, Belanda tidak semata-semata menjajah Indonesia untuk mengeruk sumber daya alam dan tenaganya, demi gold (kekayaan), glory (kejayaan) dan gospel tetapi juga menyebar hoax dan fitnah-fitnah untuk melemahkan dan membuat tidak percaya masyarakat kepada Para Pejuang di Nusantara. Maka Ronggowarsito dengan jalan budaya dan tulisannya inilah mampu secara soft power melawan arus fitnah dan hoax dari Belanda.



"Pada masa penjajahan kolonial Belanda terjadi De Islamisasi dan penyebaran fitnah yang dilakukan oleh Belanda, sehingga banyak Para Kiai dibuli dan difitnah, di saat inilah R. Ng. Ronggowarsito meluruskan kebenaran dengan cara yang baik." ungkap H. Mujiburrahman, Ketua Tanfidziyah PCNU Klaten



Ronggowarsito adalah sosok yang mendakwahkan Islam melalui perspektif seni dan budaya, salah satu petikan dalam karya sastranya adalah Sakbegja-begjaning wong kang lali iseh luwih begjo wong kang eling kelawan waspodo. Inilah salah satu karya yang masih selalu relevan dan kita ambil pelajaran. Ternyata benar, inilah zamannya, dan perkataan atau Sabdo dari Ronggowarsito terbukti. Pandangan Santri dan Badal dari Kyai Kasan Besari dari Gebang Tinatar atau sekarang Ponpes Tegalsari ini jauh ke depan, jauh melampuai orang-orang di zamannya. Beliau mampu membaca perubahan zaman dan dengan tepat mendefiniskan perubahan itu, lalu menuliskannya kepada anak-keturunan agar anak-keturunan lebih waspada namun tetap dinamis. (Nanang/Min)
Tag : Budaya, Tokoh, Ulama
0 Komentar untuk "Ronggowarsito, Pujangga sekaligus Ulama yang Jarang Dikenal"

Back To Top