::: Simak berbagai info menarik melalui twitter dan facebook Ltn Pcnu Klaten Info pemasangan iklan, hubungi email ltnklaten@gmail.com :::

Website Resmi PCNU Kab. Klaten

Tipe-Tipe Kepemimpinan Kepala Desa


Sekitar 272 desa, besok hari Rabu, tanggal 13 Maret 2019 dilaksanakan Pilkades Serentak Gelombang II Tahun 2019. Sesuai amanah UU Desa, Desa bukan lagi sekedar Pemerintahan Desa, Romantisme Masa Lampau, atau sebuah sekat-sekat dalam dapil pemilihan partai politik. Sehingga peran dan posisi Kepala Desa menempati posisi paling penting dalam kehidupan desa. Semangat UU Desa yaitu UU No 6/2014 menempatkan Kepala Desa bukan sebagai kepanjangan tangan pemerintah, melainkan sebagai pemimpin masyarakat. Artinya Kepala Desa Desa harus mengakar dekat dengan masyarakat, sekaligus melindungi, mengayomi dan melayani warga masyarakat.

Warga Nahdliyyin, yaitu sebutan bagi Warga NU, baik NU Struktural, Pesantren dan NU Kultural, yaitu masyarakat yang masih dan melestarikan amaliyah Ahlussunnah wal Jama’ah dan Tradisi Budaya, sebagian besar tinggal di pedesaan. Maka mau tidak mau, sadar tidak sadar, ngeh tidak ngeh, harus memahami dinamika pemilihan Kepala Desa. Menurut tulisan dari Dr. H. Sutoro Eko, Sang Begawan Desa dan Inisiator UU Desa dalam bukunya “Desa Membangun Indonesia” menyebutkan setidaknya tiga tipe kepemimpinan Kepala Desa:

Pertama, Kepemimpinan Regresif yakni karakter kepemimpinan yang mundur ke belakang, bahkan bermasalah. Kedua, Kepemimpinan Konservatif-involutif yang ditandai dengan hadirnya Kepala Desa yang bekerja apa adanya, menikmati kekuasaan dan kekayaan, serta tidak berupaya melakukan inovasi (perubahan) yang mengarah pada demokratisasi dan kesejahteraan rakyat. Ketiga, Kepemimpinan baru yang inovatif-progresif yang pro perubahan. Di berbagai daerah, kami menemukan banyak Kepala Desa yang relative muda dan berpendidikan tinggi, yang haus perubahan dan menampilkan karakter seperti nomor tiga ini.

Tanggungjawab kita guna Terciptanya Iklim untuk Lestari dan Terjaganya Kemurnian Ajaran Ahlussunnah wal Jamaah dan Tradisi-Budaya

oleh: Minardi, Staff Forum Pengembangan Pembaharuan Desa (FPPD) Jogja dan Ketua LTN NU Klaten        

Tag : Opini
0 Komentar untuk "Tipe-Tipe Kepemimpinan Kepala Desa"

Back To Top