::: Simak berbagai info menarik melalui twitter dan facebook Ltn Pcnu Klaten Info pemasangan iklan, hubungi email ltnklaten@gmail.com :::

Website Resmi PCNU Kab. Klaten

IPPNU Klaten Melawan Pelecehan dan Kekerasan Seksual bagi Perempuan


NU Klaten - “Psychology Care: Time for Action to End Violence Againts Women” menjadi tema yang menarik untuk dikaji dewasa ini. Mengenai pelecehan dan kekerasan seksual yang dialami oleh perempuan serta solusi untuk mencegah dan mengakhirinya jarang dibahas oleh sebagian masyarakat dan terkesan diremehkan. Berangkat dari kegelisan inilah, PC Ikatan Pelajar Putri NU (IPPNU) Klaten menggelar “Psychology Care: Time for Action to End Violence Againts Women” dalam Kedai IPPNU, Kegiatan Diskusi Interaktif untuk IPPNU.

"Alasan diadakannya acara ini adalah berdasar pada semakin banyaknya permasalahan pelecehan yang dialami oleh perempuan dewasa ini, baik secara verbal maupun non-verbal dan tidak mengenal usia serta latar belakang. Perempuan yang notabene adalah korban terbesar dalam pelecehan seksual lebih memilih untuk diam menyembunyikan kekerasan yang dialaminya daripada menyampaikan hal tersebut kepada orang-orang terdekat atau terpercaya di sekitarnya. Banyak alasan yang mendasari keengganan korban untuk menceritakan permasalahan yang dialaminya, salah satunya adalah rendahnya tingkat kepedulian dari orang sekitar tentang apa yang dialami si korban. Jika korban menceritakan kekerasan atau pelecehan seksual yang dialaminya dengan orang lain maka tidak sedikit orang akhirnya malah menyalahkan korban, bahkan mencemoohnya." ungkap Fitroh Nahdliyyah, Ketua PC IPPNU Klaten 

Acara digelar pada tanggal 26 Februari 2019, di Kantor PCNU Klaten, pukul 15.00 WIB - selesai. Acara tersebut mendatangkan narasumber: Muharini Aulia, M.Psi (seorang Psikolog Klinis Corner Remaja dan Dewasa Muda) dan Laelatus Syifa, M.Psi (seorang Psikolog dan Akademisi)

Perjuangan para korban kekerasan dan pelecehan seksual belum selesai meskipun sudah berhasil lepas dari pelaku. Kekerasan yang dialami korban cenderung meninggalkan trauma dan tidak jarang mempengaruhi konsep diri korban. Meskipun belum selesai, bukan berarti selamanya korbanakan berada di fase yang sama  trauma dapat diatasi secara perlahan  dan yang paling utama adalah support dari keluarga atau significant others. Satu point penting untuk keberhasilan ini adalah willingness dari korban untuk terus berjuang. Perjuangan korban untuk keluar dari belenggu ini akan meningkatkan kehormatan korban tersebut sebagai perempuan.

Nantinya PC IPPNU akan bersinergi dengan PC IPNU dalam bidang garapan di sekolah, pelajar dan kaum muda akan melaksakan giat upaya penghentian kekerasan seksual, utamanya di Kabupaten Klaten. (Much/Min)


Tag : Banom, IPPNU
0 Komentar untuk "IPPNU Klaten Melawan Pelecehan dan Kekerasan Seksual bagi Perempuan"

Back To Top