::: Simak berbagai info menarik melalui twitter dan facebook Ltn Pcnu Klaten Info pemasangan iklan, hubungi email ltnklaten@gmail.com :::

Website Resmi PCNU Kab. Klaten

Sekilas Tentang Revolusi Industri 4.0



oleh: Minardi*

Perubahan adalah sebuah Kepastian, tinggal siapa yang lebih dahulu Memulainya. Ali bin Abi Thalib ra pernah berkata: “Didiklah anakmu sesuai dengan jamannya, Karena mereka hidup bukan di jamanmu”

Apa Itu Industri 4.0?
Pengertian yang lebih teknis disampaikan oleh Kagermann dkk (2013) bahwa Industri 4.0 adalah integrasi dari Cyber Physical System (CPS) dan Internet of Things and Services (IoT dan IoS) ke dalam proses industri meliputi manufaktur dan logistik serta proses lainnya. 

CPS adalah teknologi untuk menggabungkan antara dunia nyata dengan dunia maya. Penggabungan ini dapat terwujud melalui integrasi antara proses fisik dan komputasi (teknologi embedded computers dan jaringan) secara close loop (Lee, 2008). 



Hermann dkk (2015) menambahkan bahwa Industri 4.0 adalah istilah untuk menyebut sekumpulan teknologi dan organisasi rantai nilai berupa smart factory, CPS, IoT dan IoS. Smart factory adalah pabrik modular dengan teknologi CPS yang memonitor proses fisik produksi kemudian menampilkannya secara virtual dan melakukan desentralisasi pengambilan keputusan. 

Melalui IoT, CPS mampu saling berkomunikasi dan bekerja sama secara real time termasuk dengan manusia. IoS adalah semua aplikasi layanan yang dapat dimanfaatkan oleh setiap pemangku kepentingan baik secara internal maupun antar organisasi.  


Era Revolusi Industri Dari Masa ke Masa
- Revolusi Industri 1.0 
Dimulai saat pemanfaatan tenaga manusia dan hewan menjadi tenaga mesin. Ditandai dengan ditemukannya Mesin Uap pada abad 18. 

- Revolusi Industri 2.0
Dimulai saat ditemukannya listrik dan teknologi motor pembakaran (berbahan bakar minyak bumi). Era ini disebut juga Revolusi Teknologi. Pada awal Abad ke 20.



- Revolusi Industri 3.0 
Kemunculan teknologi digital dan internet. Saat ruang dan waktu menjadi terkompres. Disebut pula Revolusi Digital. Di akhir Abad ke 20.



- Revolusi Industri 4.0
Pada Abad ke 21. Era cyber physical system, internet of things dan jaringan.
Bahwa serba digital, serba mudah dan instan. Saat perusahaan-perusahaan besar kalah dengan layanan instan, misalnya adanya ojek online, layanan antar makan, dan lain-lain. 
Era dimana muncul virtual reality, kecerdasan buatan, robotic, big data, dan lain-lain.

*Minardi: Ketua LTN NU Klaten, Mahasiswa Pascasarjana Ketahanan Nasional UGM
Tag : Opini
0 Komentar untuk "Sekilas Tentang Revolusi Industri 4.0"

Back To Top