::: Simak berbagai info menarik melalui twitter dan facebook Ltn Pcnu Klaten Info pemasangan iklan, hubungi email ltnklaten@gmail.com :::

Website Resmi PCNU Kab. Klaten

Oase: 10 Tips Agar Anak Menjadi Sholeh



oleh: KH. Drs. Muchlis Hudaf, Rois Syuriah PCNU Klaten

Siapa sich yang gak mau punya anak sholeh (sholehah kalau perempuan). Pasti setiap orang tua menginginkn hal itu. Nah, mari kita amalkan 10 tips mendo'akan agar memiliki anak-anak yang shaleh 


  1. Kalau tiba-tiba teringat pada anak, kirimkan bacaan Al Fatihah. Sampai ke ayat "iyyakanakbudu waiyyakanastain" - (Hanya kepada Mu  kami sembah dan hanya padaMU kami memohon pertolongan), mintalah apa-apa hajat saat itu yang ada hubung kait dengan anak yang kita ingat saat itu, habiskan bacaan surah Al Fatihah doakan semoga anak kita diberi kefahaman yang sebenarnya dalam urusan agamanya, memiliki ilmu yang bermanfaat dan serahkan urusan anak kepada Allah untuk menjaganya.
  2. Pandang wajahnya semasa dia tidur ucapkan bahwa ...."ibu mau (nama anak) jadi anak yang shaleh sayang!" Coba amalkan (seperti kata ustadz kata2 ini bermakna kita bercakap dengan rohnya)  dan ucapan ini adalah DOA, sesungguhnya Allah Maha Mendengar lagi Maha Melihat.
  3. Bangun shalat malam, shalat lah disisinya. Maksudnya kita shalat dalam kamar dia dan dekat dengan ananda. Jika kita sering melakukannya dan kita juga selalu beritahu dia bahwa kita sering doakan dia, dia akan merasakan  satu ikatan kasih sayang yang hakiki yang kita amat sayang pada dia dan mau dia jadi anak yg shaleh. Dia akan tahu kita selalu shalat hajat untuk nya.
  4. Minta dikasihani. Ucapkan setiap saat bahwa kita ini sedang menunggu panggilan Allah. Jika dia tak jadi anak soleh bermakna dia tak sayangkan kita dan tentunya kita akan merana di Alam Barzah nanti.
  5. Peluklah anak selalu walaupun dia sudah besar, sebagaimana kita sayang dia saat kecilnya. Aura ciuman dan belaian ibu sambil bisikkan padanya bahwa kita bangga mempunyai anak sepertinya.
  6. Maafkan anak kita setiap waktu walaupun perbuatannya amat melukakan hati kita. Muhasabbah diri mungkin kesilapan yang anak lakukan itu adalah kerana dosa-dosa kita dimasa lalu.
  7. Berikan selalu contoh teladan yang baik yang kita senang dan bangga dengan prilaku tersebut.
  8. Jangan pernah perlakukan anak dengan kasar dan bentakan. Sebab hal itu akan membekas selamanya pada diri mereka 
  9. Jangan sekali kali membanding banding dg anak -anak yang lain walaupun dengan maksud memberi motivasi. Kondisikan mereka untuk selalu hormat dan berbakti kepada Ayah dan saudara-saudara serta semua keluarga, baik keluarga Ibu maupun keluarga Ayah.
  10. Sadarkan selalu mereka untuk rajin dan istiqomah dalam beribadah utamanya sholat lima waktu dan juga didiklah untuk peduli dengan sesama khususnya kepada fakir miskin dan anak yatim.
0 Komentar untuk "Oase: 10 Tips Agar Anak Menjadi Sholeh"

Back To Top