::: Simak berbagai info menarik melalui twitter dan facebook Ltn Pcnu Klaten Info pemasangan iklan, hubungi email ltnklaten@gmail.com :::

Website Resmi PCNU Kab. Klaten

Oase: Jika Waktuku Telah Tiba


Oleh: KH. Drs. Muchlis Hudaf, Rois Syuriah PCNU Klaten

Pada  suatu saat Rasulullah SAW bepergian bersama para sahabat, tiba-tiba beliau berhenti untuk bertayamum padahal kira-kira satu kilometer di depannya ada sungai yang airnya mengalir, tentu kemudian para sahabat bertanya : 

" Ya Rasulullah... bukankah kita akan melewati sungai, mengapa baginda bertayamum ? ".

Rasulullah dengan tenang menjawab : " Ya saya tahu itu, tapi aku tidak yakin bahwa umurku akan sampai di sungai itu ". Subhanallah.

Sama halnya dengan yang dialami Sayyidina Umar bin Khattab di saat beliau menjabat sebagai  Khalifah (Presiden) yaitu ketika beliau meminjam uang kepada petugas keuangan sebesar satu dinar.

Petugas tersebut bertanya : "Ya Paduka... kapan bisa dikembalikan ?".

Khalifah menjawab : "Potong gaji saya bulan depan"

Petugas : " Yakinkah umur Paduka sampai bulan depan ? ".

Mendengar pertanyaan tersebut Sang Khalifah mengurungkan niatnya untuk meminjam.

Pantas apabila putra beliau yaitu Sayyidina Abdullah bin Umar bin Khattab berkata dalam suatu hadits riwayat Bukhori :

اذا امسيت فلا تنتظر الصباح واذا اصبحت فلا تنتظر المساء 

(الحديث)


" Apabila  kamu memasuki waktu pagi maka jangan memastikan untuk bisa mengalami waktu sore demikian pula ketika memasuki waktu sore jangan terlalu yakin untuk bisa mengalami waktu pagi.". 

Sedemikian misteriusnya kematian, siapapun orangnya tidak akan pernah tahu kapan kematian itu datang termasuk juga Rasulullah sendiri karena kematian adalah hak prerogatif Allah semata.

Maka sudah  semestinya hidup yang singkat bahkan yang tidak menentu ini kita pergunakan untuk kegiatan positif, setidaknya jangan berbuat sia-sia apalagi berbuat maksiat.

0 Komentar untuk "Oase: Jika Waktuku Telah Tiba"

Back To Top