::: Simak berbagai info menarik melalui twitter dan facebook Ltn Pcnu Klaten Info pemasangan iklan, hubungi email ltnklaten@gmail.com :::

Website Resmi PCNU Kab. Klaten

Liga Santri Nusantara Diluncurkan


NU Klaten - Selama ini masih ada kesan kurang baik jika mendengar kata "pondok pesantren". Dianggap sebagai tempat mereka yang kolot, tidak paham modernitas dan hanya membaca kitab-kitab. Sesungguhnya anggapan ini kurang pas, pesantren salah satunya menjadi pusat "Benteng NKRI" yang sangat ditakuti oleh penjajah pada saat itu. Saat ini pun, pesantren juga masih taat dan Cinta Tanah Airnya. Di Pesantren juga diajarkan berbagai hal tentang kehidupan. Sebagaimana dakwah Walisongo, pesantren yang merupakan warisan Walisongo mengajarkan juga tentang pertanian, peternakan, kesenian, kebudayaan, sampai dengan olehraga.

Dalam rangka memperingati Hari Santri, Nahdlatul Ulama mengadakan serangkaian kegiatan diantaranya Liga Santri Nusantara. Sebagaimana yang dilangsir dari NU Online, peluncuran Liga Santri Nusantara (LSN) 2017 diluncurkan di gedung PBNU, Jakarta, Kamis malam (27/7). LSN mempertandingkan olahraga sepak bola antarpesantren di seluruh Indonesia yang akan dimulai Agustus dan berakhir Oktober. 

Hadir pada peluncuran LSN 2017 Menteri Pemuda dan Olahraga H. Imam Nahrawi, Ketua Umum PBNU KH Said Aqil Siroj, inisiator LSN H. Muhaimin Iskandar, Ketua Rabithah Ma’ahid Islamiyah Nahdlatul Ulama (RMINU) KH Abdul Ghofarozzin yang juga Ketua LSN, perwakilan dari PSSI Danurwindo. 

LSN merupakan perhelatan sepak bola akbar yang digelar sejak 2015 oleh Kemeterian Pemuda dan Olahraga. Namun, sejak 2016, LSN diadakan Kemenpora denganbekerja sama dengan Pengurus Pusat Rabithah Ma’ahid Islamiyah, asosiasi pondok pesantren Nahdlatul Ulama yang menaungi sekitar 23 ribu pesantren. 

Menurut Menpora Imam Nahrawi, LSN adalah program yang berpotensi besar untuk mencetak bibit unggul pesepakbola profesional Indonesia. Di gelaran 2015-2016, misalnya LSN menghasilkan 3 pemain yang sempat dipanggil oleh pelatih Indra Sjafri untuk mengikuti seleksi Timnas U-19,” katanya. 

Menurut dia, hal itu merupakan prestasi yang membanggakan dari kalangan pesantren yang telah menunjukkan nilai-nilai sportivitas dan kerja sama untuk mengangkat semangat persatuan. 

“Tagline dari pesantren untuk NKRI diharapkan dapat memperkuat rajutan dan keutuhan bangsa, melalui sepka bola,” lanjutnya. 

Peluncuran dilakukan dengan tendangan bola dari Imam Nahrawi kepada Ketua RMINU KH Abdul Ghofarozzin. Kemudian keduanya membubuhkan tanda tangan di bola tersebut. Turut menandatangani di bola tersebut Ketua Umum PBNU KH Said Aqil Siroj, inisiator LSN H. Muhaimin Iskandar, dan Danurwindo. (Abdullah Alawi)
Sumber:
Tag : LSN, PBNU
0 Komentar untuk "Liga Santri Nusantara Diluncurkan"

Back To Top