::: Simak berbagai info menarik melalui twitter dan facebook Ltn Pcnu Klaten Info pemasangan iklan, hubungi email ltnklaten@gmail.com :::

Website Resmi PCNU Kab. Klaten

Tindakan Untuk Menghadapi 'Serangan' Cyber


NU Klaten - Beberapa hari terakhir ini jagad maya digemparkan dengan adanya 'serangan' cyber. Serangan itu membuat terganggunya berbagai layanan umum yang berbasis internet atau online. WannaCrypt atau yang juga disebut WannaCry merupakan nama ransomware yang digunakan oleh para peretas ini untuk menyerang negara-negara yang jadi target serangan mereka. 

Serangan siber ini menggunakan teknik bernama ransomware, jenis virus malware (malicious software) yang berkembang paling cepat. Data dalam komputer di ribuan lokasi yang terkena ransomware, terkunci oleh program yang meminta pemilik untuk membayar dalam bentuk mata uang virtual Bitcoin, jika 'kunci' itu ingin dibuka.

Untuk menyikapi itu, Syah Muhammad Barin Al-Rasyid, selaku Divisi Online dan Berita LTN PCNU Klaten memberikan langkah-langkah untuk mencegah hal ini:

Tindakan 1

Ransomware bernama Wannacry ransomware mengincar PC berbasis windows yang memiliki kelemahan terkait fungsi server message block (SMB). 

Tindakan 2

Jika komputer kena serangan, virus mengunci computer korban atau meng-encrypt semua file yang ada sehingga tidak bisa diakses kembali. Kemudian muncul pesan meminta tebusan sejumlah uang dalam bentuk Bitcoin.

Tindakan 3

Bagi RS yang menggunakan Windows untuk sistem komputer RS, agar melakukan pencegahan terinfeksi malware wannacry yaitu:

1. Update security pada windows anda dengan install Patch MS17-010 yang dikeluarkan oleh microsoct. Lihat: https://technet.microsoft.com/en-us/library/security/ms17-010.aspx 
2. Jangan mengaktifkan fungsi macros 
3. Non aktifkan fungsi SMB v1 
4. Block 139/445 & 3389 Ports 
5. Selalu backup file file penting di komputer Anda disimpan di tempat lain.

Tindakan 4

Bagi RS yang terinfeksi malware wannacry agar memutuskan sambungan internet dari komputer yang terinfeksi akan menghentikan penyebaran wannacry ke komputer lain yang vulnerable.
Tag : Cyber, PCNU
0 Komentar untuk "Tindakan Untuk Menghadapi 'Serangan' Cyber"

Back To Top