::: Simak berbagai info menarik melalui twitter dan facebook Ltn Pcnu Klaten Info pemasangan iklan, hubungi email ltnklaten@gmail.com :::

Website Resmi PCNU Kab. Klaten

Sosok di Balik “Kaos Harlah NU 94” di Klaten


Bagi warga NU, ini merupakan suatu acara besar yang ditunggu-tunggu. Karena NU telah memasukin usia ke 94 versi Hijriyah dengan ditandai dengan Peringatan Hari Lahir atau Harlah NU ke-94. Di Klaten sendiri, peringatan Hari Lahir NU kali ini dengan menggelar Istighosah Kubro dan Jalan Sehat. Istighosah Kubro dan Jalan Sehat itu akan dipusatkan di Alun-alun Klaten pada tanggal 24 April 2017.

Jalan sehat tersebut bertaburan hadiah, mulai dari umroh, sepeda motor, tabungan, kulkas, handphone, dan masih banyak lagi. Cukup dengan mendaftar sebesar Rp.50.000,- di MWC NU masing-masing maka akan mendapatkan kupon, snack dan kaos menarik. Uniknya, hadiah-hadiah itu semua tidak diambilkan sedikitpun dari uang pendaftaran. Hadiah-hadiah murni merupakan sumbangan dari para dermawan. Hal ini berkenaan dengan Hasil Bahtsul Masail LBMNU Klaten. (baca: http://www.nu-klaten.or.id/2017/03/unik-hadiah-jalan-sehat-bukan-dari.html)

Profil
Mungkin tidak banyak yang tahu, sosok dibalik desain kaos untuk Harlah NU 94 besok. Desain kaos ini dikerjakan oleh Jaka Triwiyana, seorang pemuda asal Bayat yang menjabat sebagai Wakil Ketua II LTN PCNU Klaten. Bakat desain itu telah terlihat sejak kecil. Setelah lulus dari SMP N II Bayat, Jaka langsung mengambil sekolah di SMK N I Bayat jurusan Multimedia. Tidak berhenti di situ, lalu melanjutkan studinya untuk memantapkan ‘bakat seni’ dengan kuliah di ISI Surakarta, jurusan Desain Komunikasi Visual.
Mahasiswa yang sekarang magang di tempat desain terkemuka di Jogja itu aktif di berbagai kegiatan sosial-keagamaan, khususnya yang cenderung dalam dunia inklusi, diantaranya aktif di Gerakan Peduli Indonesia Inklusi (GAPAI) Surakarta dan di sebuah penggalangan dana sosial yang berlibatkan banyak pihak di Solo Raya dan Jogja Raya.

Mahasiswa yang mendapatkan beasiswa dari Bidik Misi ini memiliki prestasi yang sangat menggembirakan adalah Untuk pertama kalinya, tiga mahasiswa program studi (prodi) Desain Komunikasi Visual (DKV) dan prodi Televisi FSRD Institut Seni Indonesia (ISI) Surakarta lolos Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (Pimnas) ke-29 2016 dengan mengambil tema “KUPELUK DIA” singkatan dari Komunitas Pelukis Difable Indonesia.

Isi Kaos
Desain kaos untuk Istighosah Kubro dan Jalan Sehat Harlah NU 94 di Klaten kali ini sangat elegan. Kaos berlengan panjang menunjukkan bahwa kaos itu bisa dipakai baik kaum adam maupun kaum hawa dengan mudah. Berwarna hijau bagai daun-daun yang merupakan warna khas dari Jam’iyyah Nahdlatul Ulama. Di depan, tampak berjajan foto para tokoh: dua baris di atas adalah jajaran Rais Akbar dan Rais Aam PBNU dan baris ketiga berjajar para Tanfidziyah PBNU sejak berdirinya sampai saat ini. Lalu diberi tulisan: ‘Islam adalah Agamaku. NU adalah Organisasiku, NKRI adalah Bangsa dan Negaraku”. Lalu di bagian belakang ada tulisan “Bangga, Jadi NU!” dengan di atasnya diberikan tanggal dan lokasi pelaksanaan. 
Atas dhawuh dari Pengurus Syuriah dan Tanfidziyah PCNU Klaten, Jaka mencoba menerjemahkannya dalam bentuk desain yang elok.
“Saat-saat yang terburuk, lemah, labil, dan genting mengingat pemerintahan belum kuat, angkatan bersenjata belum kuat, perekonomian masih lemah maka rakyatlah yang harus berjuang. Mereka sangat taat dan patuh kepada Para Kyai sehingga bisa bersatu melawan musuh. Di dalam NU, seorang Kyai memiliki pengaruh yang luas di kalangan masyarakat. Jika diamati, kepatuhan di dalam Islam itu penting apalagi menyangkut mengenai kepemimpinan. Mana mungkin bisa jika dalam kepemimpinan tanpa adanya kepatuhan di dalamnya. Misalnya dalam konteks negara, Segala aturan dibuat oleh pemerintah, namun jika rakyat tidak patuh maka negara itu tidak bisa berjalan dengan baik. Walaupun terkadang aturannya sudah bagus namun pelaksanaannya masih kurang baik.” katanya

Pemberian tokoh-tokoh NU di kaos dengan harapan agar warga NU mengenal dengan para Ulama yang merupakan pendiri NU dan pejuang bangsa ini. (Min/Wis)


Tag : LTN-NU
0 Komentar untuk "Sosok di Balik “Kaos Harlah NU 94” di Klaten"

Back To Top