::: Simak berbagai info menarik melalui twitter dan facebook Ltn Pcnu Klaten Info pemasangan iklan, hubungi email ltnklaten@gmail.com :::

Website Resmi PCNU Kab. Klaten

Lakmud IPNU dan IPPNU Klaten dan Solo Raya


Latihan kader muda IPNU dan IPPNU merupakn latihan pengkaderan jenjang kedua. Kegiatan berlangsung selama tiga hari pada tanggal 27 – 29 Januari 2017, berada di Gedung Balai Desa Kerten Kecamatan Gantiwarno Kabupaten Klaten.
Acara Lakmud tersebut berjalan atas usaha dari Tim Panitia Lokal PC IPNU dan IPPNU Klaten, Fasilitator PW IPNU IPPNU Jawa Tengah, dan Fasilitator IPNU dan IPPNU Solo Raya. Peserta tidak hanya IPNU dan IPPNU yang aktif pada Pimpinan Anak Cabang daerah Klaten. Namun, ada beberapa yang berasal dari Sukoharjo, Solo, Karanganyar, dan Salatiga. IPNU dan IPPNU klaten yang mengikuti Lakmud IPNU dan IPPNU berjumlah 49 kader, masing-masing merupakan kader dari Pimpinan Anak Cabang yang berada di Pedan, Karanganom, Ngawen, Ceper, Trucuk, Juwiring, Gantiwarno, Tulung, Prambanan, dan Manisrenggo. Kader utusan yang dari luar Kabupaten Klaten tedapat 8 kader.
Beberapa poin materi yang disampaikan pada acara tersebut adalah 7 materi dengan pemateri yang berbeda. Pada hari pertama, materi awal terkait management organisasi yang disampaikan oleh Rekan Eko Purnomo PC IPNU Boyolali. Dilanjutkan dengan materi kedua tentang keIPNU dan IPPNUan oleh perwakilan dari PW IPNU dan IPPNU Jawa Tengah, Rekan Khalid dan Rekanita Nafis, dan materi yang sangat menarik adalah materi ketiga yakni analisis social oleh Rekan Naufa yang merupakan alumnus PW IPNU Jawa Tengah.
Pada materi ketiga di hari pertama tersebut peserta sangat antusias. Sehingga, tidak terasa materi berakhir pada jam 02.30. Metode yang digunakan dalam penyampaian materi tidak hanya ceramah, akan tetapi dengan melibatkan peserta untuk berdiskusi pada kelompok masing-masing. Peserta mengkritisi fenomena social remaja dan strategi untuk menjaga eksistensi kaderisasi IPNU dan IPPNU di tengah goncangan modernisasi dan globalisasi.
Pada hari kedua terdapat beberapa materi dan diakhiri dengan pembagian grup pentas seni. Materi pertama disampaikan oleh Ketua PC IPNU Klaten 2008-2010, Rekan Sapto, dengan tema leadership, network, dan lobbying. Materi kedua adalah management konflik oleh Sahabat Milhan. Kemudian, materi ketiga wawasan kebangsaan oleh Sahabat Marzuki. Untuk materi yang terakhir oleh KH. Umar Jauhari dengan tema NU dan Aswaja. Setelah materi berakhir dan sebelum acara pada malam itu diakhiri, disusul dengan pentas seni dari masing-masing kelompok dari 57 peserta. Diantaranya mempersembahkan stand up comedi, Menyanyi, hadrah, dan drama. Acara diakhiri dengan performance dari group band local.
Hari terakhir latihan kader muda diisi dengan term acara outbond, rencana tindaklanjut, dan penutupan. Outbond dihandle oleh Fasilitator IPNU dan IPPNU Solo Raya dan Fasililator PW IPNU dan IPPNU Jawa Tengah. Rencana tindaklanjut Lakmud IPNU dan IPPNU tersebut bahwa dari 57 peserta dibagi menjadi beberapa kelompok untuk memantau mobilisasi masing-masing Pimpinan Anak Cabang, serta saran dan kritik. Acara Lakmud IPNU dan IPPNU ditutup oleh doa yang dipimpin oleh Rekan Somad. (Sari)
Tag : IPNU, IPPNU
0 Komentar untuk "Lakmud IPNU dan IPPNU Klaten dan Solo Raya"

Back To Top