::: Simak berbagai info menarik melalui twitter dan facebook Ltn Pcnu Klaten Info pemasangan iklan, hubungi email ltnklaten@gmail.com :::

Website Resmi PCNU Kab. Klaten

Di 212 Tahun ini, Semoga Klaten (tetap) Bersinar

NU Klaten - Setiap tanggal 28 Juli Klaten memperingati hari jadinya. Tahun ini, tahun 2016 Kabupaten Klaten genap berusia 212 tahun. Di usia dwi abad ini Klaten telah banyak berbenah dan kemajuan yang berarti, khususnya bidang pembangunan. Bidang pembangunan seperti pembangunan Masjid Agung Al Aqsha Klaten yang sekaligus membangun rohani warga Klaten, pembangunan terminal Ir Soekarno Klaten, RSUD Bagas Waras dan lain-lain. Kemarin Klaten mendapat Adipura Kencana setelah selama 20 tahun Adipura itu meninggalkan Klaten.

Visi Kab Klaten adalah “Mewujudkan Kabupaten Klaten yang Maju, Mandiri dan Berdaya Saing”. Kemudian dalam rangka mewujudkannya diperlukan beberapa macam cara yang tertuang di dalam misi. Adapun misi Kabupaten Klaten adalah:
  1. Mewujudkan sumber daya manusia yang cerdas, sehat dan berbudaya.
  2. Mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik dan bersih (good and clean governance).
  3. Meningkatkan dan Mengembangkan Ekonomi Daerah yang lebih produktif, kreatif, inovatif, dan berdaya saing berlandaskan ekonomi kerakyatan yang berbasis potensi lokal.
  4. Meningkatkan kapasitas infrastruktur publik dan penyediaan kebutuhan sarana prasarana dasar sosial masyarakat.
  5. Meningkatkan kapasitas pengelolaan dan kelestarian sumberdaya alam yang selaras dengan tata ruang wilayah.
  6. Mewujudkan tatanan kehidupan masyarakat yang berakhlak dan berkepribadian.
  7. Meningkatan kapasitas pengarusutamaan gender dan perlindungan anak.
  8. Meningkatkan kapasitas pelayanan publik.
    H. Mujiburrahman,
    Ketua Tanfidziyah PCNU Klaten


Visi dan misi Kabupaten Klaten ini seirama dan selaras dengan Visi dari jam’iyyah Nadlatul Ulama. Sinkron antara cita-cita Klaten dengan yang diharapkan NU selama ini. Bahwa Nahdlatul Ulama lahir dengan mengusung visi: “Berlakunya ajaran Islam yang menganut faham Ahlussunnah wal Jamaah dan menurut salah satu dari madzhab empat untuk terwujudnya tatanan masyarakat yang demokratis dan berkeadilan demi kemaslahatan dan kesejahteraan umat dalam wadah Negara Kesatuan Republik Indonesia berdasar UUD 1945 dan Pancasila”.

"Program Kabupaten Klaten dalam merealisasikan visi, misi dan program kerja Pemkab harus berorientasi pada kemaslahatan rakyatnya. NU sebagai jam'iyyah diniyyah ijtima'iyyah hubungan dengan pemerintahan bersifat amat makruf nahi mungkar. NU akan selalu menjadi penyeimbang jika ada program yang kurang baik namun juga akan selalu mendukung program Pemkab yang baik. Di sinilah pentingnya partisipasi publik. NU bukan sekedar sebagai jama'ah namun juga hendaknya menjadi jam'iyyah yang berperan sebagai civil society atau Masyarakat Madani." ungkap H. Mujiburrahman, selaku Ketua Tanfidziyah PCNU Kabupaten Klaten

Walaupun Pemkab sudah melakukan Musrenbang di tingkat desa, kecamatan dan kabupaten, tetapi kelihatannya kurang efektif dan optimal. Sehingga di sinilah NU ikut urun rembug agar partisipasi publik dilakukan secara optimal. Akan menjadi optimal di dalam melakukan penyerapan aspirasi masyarakat sebagai implementasi partisipasi publik harus dilakukan secara efektif dan optimal pula.
Menurut Sutoro Eko, partisipasi itu dapat dilihat dalam tiga indikator: voice, akses dan kontrol. Bagaimana masyarakat diberi dan mampu menyaluarkan suaranya (voice), lalu bagaimana masyarakat mampu mengakses setiap keputusan dan pelaksanaan serta mendapatkan akses informasi dari pihak terkait. Pada akhirnya, masyarakat mampu ikut serta mengontrol setiap pelaksanaan kegiatan yang hendak maupun yang telah dilaksanakan. Istilahnya orang Jawa, dimulai sejak purwa, madya dan wasana yaitu sebelum kegiatan itu dilaksanakan, selama program kegiatan. itu dilangsungkan dan setelah kegiatan itu dilaksanakan.

Kami Keluarga Besar Nahdlatul Ulama Kabupaten Klaten mendo'akan semoga jajaran Muspida Klaten bisa merealisasikan programnya dengan benar dan baik. Dan senantiasa mendapatkan perlindungan, kekuatan dalam mengabdi dari Alloh SWT, agar Klaten (tetap) Bersinar.
Tag : PCNU, Tanfidziyah
0 Komentar untuk "Di 212 Tahun ini, Semoga Klaten (tetap) Bersinar"

Back To Top