::: Simak berbagai info menarik melalui twitter dan facebook Ltn Pcnu Klaten Info pemasangan iklan, hubungi email ltnklaten@gmail.com :::

Website Resmi PCNU Kab. Klaten

Bahtsul Masail LBMNU Klaten: Nama Terbaik untuk Anak Perempuan

Sumber:http://taskainspunbond.com
NU Klaten~ Begitu penting kiranya sebuah nama bagi orang tua untuk buah hatinya. Banyak orang tua yang memintakan nama pada orang-orang tertentu semisal kyai, dukun, atau orang yang dianggap paling spesial. Padahal sebagaimana diajarkan Islam bahwa paling baik nama adalah yang diawali kalimah عبد atau محمد. 

Pertanyaan
Jika nama yang paling baik adalah yang diawali kalimah عبد atau محمد untuk laki-laki maka adakah yang paling baik nama untuk perempuan ? 

Jawaban
Nama yang baik bagi perempuan adalah nama-nama yang dicontohkan Rasulullah Saw. seperti Fatimah, Zainab, Jamilah, Juwairiyah, dan lain-lain serta nama-nama yang memiliki arti baik dengan cara tafa’ul.
Sedangkan nama-nama yang setara keutamaannya dengan عبد dan محمد bagi laki-laki sementara ini belum ditemukan dalil yang menjelaskannya secara khusus.

الترمسي الجزء الرابع صحـ 713
(تتمة) يسن أن يحسن الاسم وأفضل الأسماء عبد الله وعبد الرحمن
(قوله وأفضل الأسماء) أي أسماء الرجال سواء الأحرار والأرقاء وانظر أفضل أسماء النساء فإني لم أر فيه شيئا
Attirmisi Jilid 4, hal 713
(Kesimpulan) Disunnahkan untuk memberi nama yang baik dan sebaik-baik nama adalah Abdullah, Abdurrahman. (Dikatakan: sebaik-baik nama) yaitu nama-nama laki-laki baik orang merdeka atau budak, dan lihatlah sebaik-baik nama untuk perempuan dan saya belum pernah menemukannya.

شرح النووي على مسلم الجزء السابع  صحـ 261
حدثنا أبو بكر بن أبي شيبة حدثنا الحسن بن موسى حدثنا حماد بن سلمة عن عبيد الله عن نافع عن ابن عمر أن ابنة لعمر كانت يقال لها عاصية فسماها رسول الله  جميلة قوله أن ابنة لعمر كان يقال لها عاصية فسماها رسول الله  جميلة وفي الحديث الآخر ( كانت جويرية اسمها برة فحول رسول الله  اسمها جويرية وكان يكره أن يقال خرج من عند برة ) وذكر في الحديثين الآخرين أن النبي  غير اسم برة بنت أبي سلمة وبرة بنت جحش فسماهما زينب وزينب وقال ( لا تزكوا أنفسكم الله أعلم بأهل البر منكم ) معنى هذه الأحاديث تغيير الاسم القبيح أو المكروه إلى حسن وقد ثبت أحاديث بتغييره  أسماء جماعة كثيرين من الصحابة وقدبين  العلة في النوعين وما في معناهما وهي التزكية أوخوف التطير

Syarh Nawawi ‘Ala Muslim Jilid 7 hal. 261.
Diriwatakan dari Abu Bakar bin Abu Syaibah dari Hasan bin Musa dari Hamad bin Salmah, dari Ubaidillah dari Nafi’ dan Ibnu Umar: Bahwa anak pr dari Umar dipanggil “Ashiah”, maka Rasulullah menamainya “Jamilah”.
Dan dari hadist yang lain (Dulu Juwairiyah bernama “Barroh” atau kesucian maka Rosulullah mengubahnya menjadi “juwairiyah” dan Rosul membenci dikatakan keluar dari Barrah (keluar dari kebaikan atau keluar dari kesucian).

Disebutkan dari dua hadist terakhir bahwasanya Nabi Muhammad SAW merubah nama Baraah binti Abi Salah dan Barrah binti Jahsin menjadi Zaenab dan Zaenab dan mengatakan (Janganlah kamu menganggap dirimu telah suci, Allah Ta'ala-lah yang lebih tahu siapa saja sesungguhnya orang yang baik atau suci di antara kamu). Arti dari hadist tersebut adalah merubah nama yang jelek atau dibenci menjadi nama yang baik, dan telah di sebutkan hadist-hadist tentang  Rasulullah SAW merubah nama banyak para sahabat dan telah disebutkan alasan nama yang tersurat tersebut dan artinya keduanya, yaitu anggapan telah suci atau takut dijadikan alasan tertimpa kemalangan.

 
Sumber: Bahtsul Masail ke – 42 PCNU Klaten di MWC Tulung Klaten (25 Desember 2015)
0 Komentar untuk "Bahtsul Masail LBMNU Klaten: Nama Terbaik untuk Anak Perempuan"

Back To Top