::: Simak berbagai info menarik melalui twitter dan facebook Ltn Pcnu Klaten Info pemasangan iklan, hubungi email ltnklaten@gmail.com :::

Website Resmi PCNU Kab. Klaten

LazizNU Klaten Adakan Sosialisasi Regulasi Terbaru Terkait Zakat, Infak, dan Sodaqoh


NU Klaten – Malam tadi dilaksanakan Silaturahmi dan Koordinasi segenap pengurus NU Kabupaten Klaten, mulai dari PC hingga ranting dan badan-badan lain dibawah naungan PCNU Klaten. Salah satu agenda yang dibahas ialah sosialisasi perubahan regulasi pengelolaan zakat, infak, dan shodaqoh oleh LazizNU Kabupaten Klaten.

Salah satu wakil dari LazizNU, Muhammad Cahyanto SE, sebelum menjelaskan terlebih dahulu potensi zakat di Indonesia. Sebagaimana diketahui, negara ini sebagian besar memeluk agama Islam, sehingga memiliki kewajiban untuk membayar zakat jika memenuhi syarat tertentu.

“Potensi zakat dan shodaqoh di Indonesia sangat besar mengingat jumlah penduduk yang beragama Islam yang sangat besar, termasuk di Kabupaten Klaten” ungkapnya.

Namun, sayang. Kesadaran masyarakat untuk membayar zakat belum seperti kesadaran masyarakat akan sholat,khususnya menyangkut zakat mal. Untuk itu, saat ini LazizNU mengusung jargon ‘tunaikan zakat sebagaimana mendirikan sholat’.

Terkait dengan perubahan regulasi, beberapa waktu lalu Meneteri Agama Lukman Hakim Saifudin sudah mengeluarkan aturan baru. Aturan dimaksud yaitu kewajiban badan amil  zakat, infak dan shodaqoh untuk mendapat izin dari pemerintah.

Nah, Alhamdulillah LazizNU sudah mendapat izin dimaksud.

“SK Menteri Agama RI Nomor 65 Tahun 2005 tentang Pengukuhan Lembaga Amil Zakat, Infaq, Shodaqoh Nahdlatul Ulama (LazizNU) sebagai lembaga zakat nasional” sebut wakil LazizNU yang lain.

Perwakilan dari LazizNU juga menyebutkan jika lembaga yang menarik dana ziz tanpa legalitas bisa dikenai sanksi pidana. Untuk itu, LazizNU akan mengadakan workshop bagi MWC di Kabupaten Klaten agar bisa memahami regulasi baru ini di bawah nama LazizNU.
Tag : Laziznu, Lembaga
0 Komentar untuk "LazizNU Klaten Adakan Sosialisasi Regulasi Terbaru Terkait Zakat, Infak, dan Sodaqoh"

Back To Top