::: Simak berbagai info menarik melalui twitter dan facebook Ltn Pcnu Klaten Info pemasangan iklan, hubungi email ltnklaten@gmail.com :::

Website Resmi PCNU Kab. Klaten

Harus Hafal Kitab Al Fiyah Ibn Malik untuk Naik Kelas di MTS ini

NU Klaten, Kudus~ Nama MTS NU Tasywiquth Thullab Salafiyyah sudah cukup terkenal. Madrasah ini berada di Jalan KH Turaichan Adjhuri, Kelurahan Kajeksan, Kecamatan Kota Kabupaten Kudus.

Salah satu yang khas dari MTS ini adalah siswa yang ingin naik kelas tidak hanya harus memperoleh nilai akademik yang mumpuni, namun juga harus hafal kitab Al-Fiyyah Ibnu Malik.

“Sistem kenaikan kelas di MTs TBS selain nilai rapor juga ada hafalan Al-Fiyyah. Walaupun nilai rapornya tinggi, namun tidak bisa hafal sesuai target yang ditentukan, murid tidak akan naik kelas,” sebutnya.

Selain pelajaran umum, madrasah ini memang ingin membekali siswanya pelajaran ilmu salaf. Kitab Al-Fiyyah karya Syeikh Al-Alamah Muhammad Jamaluddin ibnu Abdillah ibnu Malik Al-Thay. Kitab ini dipandang sebagai kunci untuk membaca dan memahami isi kitab-kitab salaf.
“Setiap kenaikan kelas di MTs harus menyetorkan hafalan bait Al-Fiyyah yang sudah ditentukan sekolah,” kata Noor Habib, salah satu guru di madrasah tersebut.

Phak madrasah menargetkan, untuk kelas tujuh naik kelas delapan hafal 100 bait atau nadzom, kelas delapan naik ke sembilan 100 bait dan terakhir kelulusan hanya 50 bait. 

“Kelas tiga hanya 50 bait saja, karena mereka mengahadapi Ujian Nasional,” ungkapnya lagi.

Guru lainnnya, Baidowi yang juga guru MTs NU TBS menerangkan jika kitab Al-Fiyyahh dipilih karena secara tingkatan sudah sesuai dengan siswa MTs TBS.  Selain itu, ada pembelajaran akhlaq dan budi pekerti di sekolahnya.

“Selain pelajaran umum TBS mengajarkan pelajaran agama, akhlaq dan budi pekerti,” pungkasnya.

Sumber: seputarkudus.com.
Tag : Pendidikan
0 Komentar untuk "Harus Hafal Kitab Al Fiyah Ibn Malik untuk Naik Kelas di MTS ini"

Back To Top