::: Simak berbagai info menarik melalui twitter dan facebook Ltn Pcnu Klaten Info pemasangan iklan, hubungi email ltnklaten@gmail.com :::

Website Resmi PCNU Kab. Klaten

Ulama dari 33 Negera Ingin Bentuk Nahdlatul Ulama di Negaranya

Jakarta~ Ada banyak hasil dari acara International Summit of The Moderate Islamic Leaders (ISOMIL) yang diadakan oleh Nahdlatul Ulama (NU) di Jakarta Convention Center, Jakarta (10/5). Salah satunya, para ulama yang mengahadiri forum tersebut sepakat untuk membentuk Jamiyah Nahdlatul Ulama (NU) di negaranya masing-masing. 

Menurut Rektor Universitas Kulliyatud Da’wah Lebanon, Syaikh Abdul Nasheer Jabri, nilai-nilai yang dikembangkan oleh NU selama ini dalam membangun peradaban umat telah selaras dengan ajaran Nabi Muhammad SAW, terutama dalam pengembangan moderasi, toleransi, dan peradaban Islam Nusantara.

Paradigma Islam moderat ala NU menurutnya perlu dikampanyekan oleh berbagai pihak.
"Karena misi ini adalah hal yang sangat prinsipiil dalam Islam. Islam moderat NU ini bukan milik kelompok tertentu, atau negara tertentu, melainkan memang inilah Islam sesungguhnya yang diajarkan Nabi,” sebutnya seperti tertuang dalam surat tertulis dari PBNU.

Sejumlah kelompok seperti Hizbut Tahrir, Al-Qaeda, dan sejenisnya yang berorientasi pada perebutan kekuasaan, pembenturan negara dengan Islam, serta penebaran konflik dan misi perang juga dikritik dengan cukup keras oleh Syaikh Nasheer.
“Islam bukanlah hizb, bukan partai, atau pasukan perang. Sebab, Islam bukan fikrul harb, tidak berorientasi pada peperangan. Islam adalah fikrul ummah, yang berorientasi pada pengembangan peradaban umat,” ungkapnya.
Seperti diwartakan tempo.co, Syaikh  juga berasumsi jika Islam bertanggung jawab membuat pusat peradaban, pusat pendidikan, pusat kebudayaan, serta pusat ekonomi. Para ulama dari 33 negara peserta ISOMIL lainnya sepakat dengan Nasheer untuk  membentuk NU guna menaungi para ulama di negaranya.

0 Komentar untuk "Ulama dari 33 Negera Ingin Bentuk Nahdlatul Ulama di Negaranya"

Back To Top