::: Simak berbagai info menarik melalui twitter dan facebook Ltn Pcnu Klaten Info pemasangan iklan, hubungi email ltnklaten@gmail.com :::

Website Resmi PCNU Kab. Klaten

Ulama Besar Suriah Apresiasi Kegiatan NU

NU Klaten, Jakarta~ Mulai Senin kemarin (9/5) hingga Rabu mendatang Nahdlatul Ulama menggelar konferensi internasional bertajuk International Summit of The Moderate Islamic Leaders (Isomil). Acara yang diadakan didi Gedung JCC Senayan Jakarta ini mendapat perhatian Ketua Persatuan Ulama Suriah, Syekh Taufiq Ramadhan Al-Buthi. Ia pun menyampaikan pesan khusus melalui organisasi Alumni Suriah Indonesia (Al-Syami). 

Sekretaris Al-Syami, Muhammad Najih Arromadloni, menyebutkan jika Al-Buthi sangat mengapresiasi kegiatan Isomil. Al-Buthi bahkan langsung menyatakan kesediaannya untuk hadir.

“Tetapi di waktu yang sama, ternyata beliau harus menghadiri forum internasional serupa di Rusia,” ungkap Najih (9/5).

Najih menerangkan jikaTaufiq Al-Buthi memiliki perhatian dan pendapat tentang Islam Nusantara. Ia juga mengungkapkan ketertarikannya terhadap Islam Nusantara yang pada akhirnya membuatnya banyak belajar dari karakter khas Islam di Indonesia tersebut.

Menurut Taufiq Al-Buthi, Islam Nusantara memberi pemahaman dan mengajak masyarakat untuk mencintai negara, tidak anti-budaya, dan menjaga tradisi-tradisi yang baik, tentu pemahaman demikian sangat baik dan tidak ada masalah. Apalagi di tengah merebaknya paham-paham keagamaan radikal yang cenderung anti-perbedaan, memberangus tradisi baik di tengah masyarakat, serta berupaya mereduksi kesatuan dan ideologi bangsa.

“Saya ini adalah muslim yang sangat mencintai negara saya. Apa yang kurang, bapak saya meninggal karena tindakan ekstremisme dan anak saya juga menjadi korban. Dari kasus ini, saya tidak akan meninggalkan negara saya. Saya bisa saja kontra dengan pemerintah dan menerima tekanan mereka untuk pindah negara dengan jaminan materi dan hidup aman. Tetapi saya tidak akan meninggalkan negara saya dengan kondisi seperti ini,” tegas Taufiq Al-Buthi seperti dijelaskan Najih.

Terkahir datang ke Indonesia ketika menghadiri rangkaian kegiatan Silaturrahim Nasional Al-Syami pada pertengahan Maret 2016 lalu. Guru Besar Fakultas Syariah Universitas Damaskus ini sangat familiar dengan peci hitam khas nusantara yang senantiasa ia kenakan, baik saat bekunjung ke Indonesia, ke negara lain, maupun di negaranya sendiri.

Sumber: NU online

0 Komentar untuk "Ulama Besar Suriah Apresiasi Kegiatan NU"

Back To Top