::: Simak berbagai info menarik melalui twitter dan facebook Ltn Pcnu Klaten Info pemasangan iklan, hubungi email ltnklaten@gmail.com :::

Website Resmi PCNU Kab. Klaten

Setelah Imam Malik dan Imam Abu Hanifah “Berdebat”


NU Klaten~ Suatu ketika Imam Malik bin Anas bertemu dengan Imam Abu Hanifah, kedua tokoh sentral madzhab Fikih ini kemudian berdialog, khiwar dan mujadalah tentang pandangan masing-masing dalam hukum Fikih Islam. Imam Malik tampak sangat berkeringat hingga ia mengusap jidad dengan bahu lengannya, hal ini karena serunya, alotnya dan berbobotnya dialog antar kedua tokoh tersebut.

Imam Malik pamit pulang dan bertemu seorang tokoh Islam yang bernama Sufyan dari Mesir. Ditanyalah Imam Malik tentang sesuatu yang terjadi.

"Wahai Imam, Kenapa engkau terlihat gugup dan banyak keringat keluar dari tubuh anda?" kata si penanya.

“Aku tidak pernah melihat dan menemui seorang pun yang lebih Fakih dari Imam Abu Hanifah, beliau sangat cerdas” jawab Imam Malik.

Kemudian, Sufyan Menemui Imam Abu Hanifah dan berkata, " Wahai Imam  Imam Malik mengatakan sesuatu yang baik tentangmu ".

"Saya tidak pernah menemui seorang fakih yang lebih cepat jawab ketika saya tanya sesuatu padanya kecuali Imam Malik" jawab Imam Abu Hanifah.

Begitu luar biasanya Kedua Imam ini, tidak saling menjatuhkan tapi saling melontarkan pujian sebab keilmuannya, inilah etika seorang berilmu tidak menghujat lawan debatnya, tidak memfonis sesat yang berseberangan dengannya.

Sumber: FB Pav Dzeko Muhammed
0 Komentar untuk "Setelah Imam Malik dan Imam Abu Hanifah “Berdebat”"

Back To Top