::: Simak berbagai info menarik melalui twitter dan facebook Ltn Pcnu Klaten Info pemasangan iklan, hubungi email ltnklaten@gmail.com :::

Website Resmi PCNU Kab. Klaten

Mengenal Habib Anis Al Habsy, Habib yang Murah Senyum

NU Klaten, Solo~ Salah satu keturunan dari Rasulullah saw yang namanay masih harum hingga saat ini ialah Habib Anis Al-Habsyi. Beliau  lahir di Garut, Jawa Barat pada tanggal 5 Mei 1928. Sosok yang karib disapa Habib Anis ini merupakan putra dari Habib Alwi, putera dari Habib Ali Al-Habsyi (Muallif Simtuddurar) yang hijrah dari Hadramaut Yaman ke Indonesia untuk berdakwah.

 Habib Anis sejak usia dini dididik oleh ayah sendiri. Beliau juga bersekolah di madrasah Ar-Ribathah, yang juga berada di samping sekolahannya. Habib Anis tumbuh menjadi seorang pemuda nan alim dan berakhlak luhur. Habib Ali Al-Habsyi, adik beliau, menyebut kakaknya seperti “anak muda yang berpakaian tua”.

Cucu beliau yang bernama Habib Muhammad bin Husain menerangkan jika sosok Habib Anis sebagai orang yang sangat mencintai ilmu.

“Ketika usia muda, beliau gemar sekali membaca buku. Tiap malam ketika istrinya tidur, beliau membaca kalam Habib Ali bin Muhammad Al Habsyi (kakek Habib Anis) sampai beliau terkadang menangis ketika membaca untaian nasehat kakeknya. Ketika istrinya terbangun beliau langsung mengusap airmatanya supaya tidak terlihat oleh istrinya,” terang Habib Muhammad.

Di usia yang semakin sepuh, kecintaan Habib Anis terhadap ilmu tidak pernah surut.

“Beliau pernah berencana untuk membeli laptop dan belajar mengetik untuk bisa mencatat ilmu yang didapatnya. Beliau juga berencana untuk datang pameran kitab di Mesir supaya bisa membeli kitab-kitab langka yang dijual disana,” jelas Habib Muhammad.

Meskipun demikian, Habib Anis tetaplah sosok yang rendah hati dan selalu menjadi teladan yang baik.

“Karena beliau selalu menampilkan akhlaq yang mulia, padahal keluasan ilmunya tidak diragukan lagi,” ungkap Habib Muhamamad..

Saat ini, makam Habib Anis Al Habsy yang ada di samping Masjid Riyadh masih sering dikunjungi. Tidak hanya oleh masyarakat dari Solo dan sekitarnya, banyak pezirah yang berasal dari Yaman dan berbagai negara lain.

Sumber: dikutip dari tulisan Ajie Najmudin, NU Online
Tag : Tokoh
0 Komentar untuk "Mengenal Habib Anis Al Habsy, Habib yang Murah Senyum"

Back To Top